RSS

FENOMENA NU DAN MUHAMMADIYAH

16 Aug

Akhir-akhir ini kok saya banyak menerima Short Message Service (SMS) maupun BlackBerry Messenger (BBM) yang berhubungan dengan masalah ketidaksepahaman NU dengan Muhammadiyah tentang penentuan hari pertama Puasa.

Masing-masing Organisasi keagamaan ini kokoh dengan pendiriannya, ada yang mengatakan telah melihat hilal di wilayah Indonesia bagian Barat, Kamis sore. Makanya, awal Ramadan jatuh pada hari Jumat, 20 Juli 2012. Sementara, yang lain mengaku tidak melihat hilal tersebut sehingga mengatakan bahwa seharusnya Ramadhan di mulai pada hari Sabtu, 21 Juli 2012..

Dari sini terlihat bahwa masing-masing merasa yang paling benar. Hal ini sudah berlangsung sejak lama dan tidak ada penyelesaiannya.

Sepertinya perbedaan dalam masalah ini, sudah mulai membikin muak ummat, kita ambil contoh beberapa SMS atau BBM tersebut yang marak akhir-akhir ini :

  1. Alhamdulillah, kesepakatan NU & Muhammadiyah setelah berdebat panjang akhirnya memutuskan secara bersamaan bahwa perayaan Hari Kemerdekaan RI jatuh pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 2012.
  2. Telah banyak kemajuan antar NU & Muhammadiyah, hari ini malah  sepakat bulat bahwa Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 1 Syawal 1433 H.

Masa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kalah sama Malaysia yang punya suatu lembaga yang memutuskan kapan jatuhnya hari pertama Ramadhan dan barang siapa yang tidak mengikuti akan dihukum….!!!!

Atau MUI hanya berfungsi sebagai tukang stempel “HALAL” saja ?

 
Leave a comment

Posted by on August 16, 2012 in IndonesiaKu, Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: