RSS

FENOMENA

06 Nov

Suatu fenomena yang terjadi di Indonesia adalah tentang penetapan tanggal Hari Raya Idul Fitri yang biasanya  (hampir setiap tahun) selalu berbeda pendapat.

Yang masih segar dalam ingatan kita adalah pada Hari Raya Idul Fitri di tahun ini (2011), betapa salah satu Organisasi Keagamaan dan beberapa kelompok agama telah shalat IED sebelum ditetapkan atau diputuskan dalam Sidang Itsbat yang dilakukan secara bersama-sama oleh berbagai unsur keagamaan seperti sidang yang terakhir, yaitu :

  • Menteri Agama dan Kementerian Agama Republik Indonesia
  • Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Utusan-utusan Organisasi Massa (Ormas) Islam (NU, Muhammadiyah , dll)
  • Tokoh-tokoh Islam terkemuka
  • Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan/Ahli Astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)
  • dan Para Duta Besar Negara-negara Islam di Indonesia

Perbedaan ini langsung di “manfaatkan”, dibahas dan diulas oleh para pakar dan dipublikasikan oleh berbagai media massa.

Anehnya untuk penetapan tanggal Hari Raya Idul Adha tidak pernah bermasalah, semuanya sepakat untuk dilaksanakan pada hari yang sama (seperti hari ini Minggu, 6 November 2011). Kita ikuti di Televisi dan  radio, masyarakat bebondong-bondong ke Mesjid-mesjid atau lapangan terbuka untuk memuji kebesaranNya.

Tidak ada pakar yang mengulas dan media massa yang membahas secara besar-besaran.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah perbedaan pendapat penentuan Hari Raya Idul Fitri selama ini disengaja atau dipolitisasi oleh pihak-pihak tertentu yang ujung-ujungnya memberikan kesan bahwa pemerintah tidak sanggup untuk mengatasi masalah keagamaan, agar dengan mudah dapat dipolitisasi bahwa pemerintah sudah tidak kredibel dan tidak dapat dipercaya lagi.

Mungkin perlu penelitian yang lebih mendalam. Siapa yang berada di belakang skenario ini dan siapa sutradaranya ?

Di atas semua itu, yang terpenting adalah agar ummat Islam di Indonesia tidak terkotak-kotak, kompak,  bersatu dan tidak mudah terombang-ambing oleh kekuatan apapun juga.

 
Leave a comment

Posted by on November 6, 2011 in IndonesiaKu, Uncategorized

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: