RSS

AMBON MANISE

13 Sep

Ambon kembali meminta perhatian, kali ini yang menjadi korban adalah 5 (lima) orang tewas, beberapa kendaraan terbakar, dan kaca-kaca gedung hancur, pertikaian antarkelompok muncul kembali pada Minggu (11/9).

Diawali dengan meninggalnya Darwis Saiman yang disebabkan oleh  kecelakaan lalu lintas.

Sementara berita yang beredar (diantaranya melalui SMS) adalah tentang tewasnya seorang tukang ojek bernama Darwis Saiman, ditubuhnya terdapat luka akibat pembantaian.

Hal ini membuat warga Ambon tersulut dan marah mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan serta jatuh korban.

Karakter masyarakat suatu daerah dapat membuat peristiwa kecelakaan biasa, berkembang menjadi mengerikan.

Peristiwa ini diharapkan dapat menjadi pelajaran kepada kita bersama, agar para tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan  formal maupun non formal mempunyai peran untuk memberikan pemahaman kepada warga dan ummat masing-masing.

Kita harapkan agar peristiwa ini dapat segera dicegah dan tidak berlarut-larut.

Kita memberikan apresiasi terhadap pemimpin kelompok-kelompok Maluku di Jakarta yang menganjurkan agar masyarakat bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif. Terlihat di salah satu stasiun TV Nasional pagi ini (13/9), wawancara  dengan artis-artis berdarah Maluku di Jakarta seperti  Melly Manuhutu dan  Andre Ehanusa yang ikut memberikan support kepada saudara-saudara kita di Ambon, menurut keluarganya di sana suasana Ambon sudah kondusif dan masyarakat sudah mulai melakukan aktifitas.

Kita sangat mengharapkan kedamaian yang abadi di Ambon, masyarakat tIdak mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumbernya, hidup berdampingan secara damai seperti sebelumnya. Agar konflik tidak terulang lagi  diharapkan  aparat dapat bertindak tegas.

Meskipun kalangan elit politik menganggap terlambat, tapi kita melihat Pemerintah sudah berbuat maksimal dan sungguh-sungguh, terbukti dalam waktu yang singkat kehidupan di Ambon kembali normal.

 
Leave a comment

Posted by on September 13, 2011 in IndonesiaKu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: