RSS

PENYERANGAN JEMAAH AHMADIYAH

07 Feb

Minggu, 6 Februari 2011, di Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, terjadi kembali peristiwa kekerasan antara sesama warga negara dengan warga negara anggota Jemaah Ahmadiyah , sebagai bentuk  penolakan warga terhadap aktivitas Jemaah tsb.

Korban atas nama Mulyadi (35 tahun), Parno (35 tahun) dan Roni (20 tahun) tewas oleh senjata tajam,  serta tujuh orang luka berat.

Berikut ini adalah komentar beberapa tokoh dan organisasi, menanggapi peristiwa di atas :

  1. Ahmad Syafi’i Ma’arif, tokoh muslim dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, menyatakan prihatin dengan aksi kekerasan ini, menghimbau agar umat Muslim tetap mengedepankan toleransi. Indonesia adalah negara hukum, karena itu semua bentuk kekerasan tidak luput dari jerat hukum. Jemaah Ahmadiyah, agar bersikap lebih terbuka, tidak eksklusif, dan berbaur dengan masyarakat sekeliling, untuk mengurangi terjadinya ketegangan dan kesalahpahaman. Tapi betapapun, tidak boleh ada tindakan kekerasan kepada mereka.
  2. Lukman Hakim Saifudin, salah seorang Ketua Partai Persatuan Pembangunan serta Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, menyatakan aksi kekerasan terhadap Jemaah Ahmadiyah tak bisa dibenarkan dan meminta polisi mengusut pelaku dan penyebab kekerasan.
  3. Marwan Jafar, Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat, menyatakan tindak kekerasan itu sangat tidak bermoral, melanggar hak asasi manusia, dan mengingkari prinsip ajaran Islam yang damai. Menunjukkan masih adanya perilaku jahiliyah dalam toleransi beragama di Indonesia, dan kemunduran kehidupan keberagamaan di Indonesia. Semua pihak jangan bertindak semaunya sendiri, apalagi menjadi “polisi agama” , merasa paling berhak memutuskan kafir atau tidaknya, benar atau tidaknya keyakinan seseorang.
  4. Pemuda Muhammadiyah, mengutuk penyerangan berdarah terhadap Jemaah Ahmadiyah tsb, dan mengatakan bahwa tidakan kekerasan melanggar hukum yang berlaku dan melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia. Jemaah Ahmadiyah adalah warga negara Indonesia yang juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan. Menghimbau umat Islam, jangan mudah terpancing melakukan aksi kekerasan. Karena Agama Islam adalah agama yang cinta damai serta menentang sikap yang didasarkan kebencian dan amarah.
  5. Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Politik,  Hukum dan Kemanan,  menjelaskan bahwa tindakan anarkis oleh siapapun terhadap sesama warga negara Indonesia tidak bisa dibenarkan. Apapun alasannya.

Tokoh-tokoh dan organisasi di atas, semuanya tidak setuju dengan aksi kekerasan kepada Jemaah Ahmadiyah tsb.

Kita beraharap mudah-mudahan semua pihak dapat menjaga kerukunan antar umat beragama di negara kita ini. Tidak mudah terpancing dengan ajakan-ajakan yang tidak manusiawi dan tidak rasional.

 
2 Comments

Posted by on February 7, 2011 in IndonesiaKu

 

Tags: , , , , ,

2 responses to “PENYERANGAN JEMAAH AHMADIYAH

  1. wamour

    February 9, 2011 at 2:43 am

    semoga kedepannya kejadian ini tidak terjadi lagi …
    visit my blog : tulalit03.blogspot.com

     
    • papuaku

      February 9, 2011 at 8:57 am

      Kita semua punya harapan yang sama Mas, semoga Indonesia menjadi negara yang damai dan sejahtera….
      Terima kasih

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: