RSS

KPK VS DPR

01 Feb

Rapat kerja Komisi III DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) kemarin (31/1), dibatalkan oleh DPR.

Permasalahannya adalah karena Komisi III menolak kehadiran Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah.

Di Komisi III, ada dua partai yang sangat keras menolak kedua Pimpimpian KPK ini yaitu, Partai Golkar (PG) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan alasan keduanya masih berstatus tersangka.

Padahal Kejaksaan Agung telah mengeluarkan pendeponiran, atau pengesampingan perkara, yang berarti bahwa penuntutannya sebagai tersangka dicabut (terus sekarang masalahnya apalagi …???)

Dahulu ketika KPK melakukan rapat kerja, Komisi III-lah yang berbicara paling vokal. Komisi III seakan melupakan bahwa mereka juga pernah dipimpin oleh Ketua (DPR) sebagai seorang terdakwa yang bernama Akbar Tandjung.

Masyarakat bisa saja menyimpulkan bahwa orang-orang partai di DPR ternyata hanya mendorong pemberantasan korupsi kalau tidak merugikan partainya. Pada saat orang partai itu tersangkut kasus korupsi, mereka malah tampil sebagai kekuatan yang menentang pemberantasan korupsi itu sendiri.

Kita ingin DPR mendukung kinerja KPK dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Jangan sebaliknya, terkesan dijadikan senjata untuk menyerang balik. Karena diketahui bahwa terdapat 19 anggota DPR yang ditahan KPK tersangkut kasus korupsi cek perjalanan pada pemilihan Deputi Gubernur Senior BI Miranda Goeltom, diantaranya yang paling banyak terlibat adalah dari kedua partai di atas.

Keputusan yang diambil Komisi III ini telah keluar dari substansi tugas pokok DPR sebagai anggota parlemen, hal ini bisa menjadi boomerang yang akan menjatuhkan kredibilitas parlemen dimata masyarakat.

Tjatur Sapto Edy,  Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa alasan hukum menolak kedua pimpinan KPK itu, sebetulnya tidak ada, hanya dilandaskan oleh etika moralitas.

Kalau begitu kita boleh bertanya :

”Tolong jelaskan kepada kami, etika moralitas yang mana Pak…???”

Sumber :

  • mediaindonesia.com
  • detiknews.com
 
Leave a comment

Posted by on February 1, 2011 in IndonesiaKu

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: