RSS

SARANG SEMUT

21 Sep

Papuaku – Hari ini Selasa (21/9), kami dapat kiriman Sarang Semut dari teman di Papua.

Sebetulnya saya sudah sering  melihat tampilan atau bentuk  Sarang Semut ini, baik yang masih utuh maupun yang sudah dipotong atau diiris tipis. Yang dikirimin teman kami adalah Sarang Semut yang sudah di potong-potong.

Selama ini saya beranggapan bahwa Sarang Semut adalah sarang atau tempat tinggal semut yang berlubang-lubang biasanya terdapat di tanah, bangunan atau pohon yang dibuat oleh semut itu sendiri.

Ternyata saya salah, Sarang Semut atau myrmecodia pendans yang dimaksudkan adalah sejenis tmbuhan yang menempel di pohon-pohon besar yang batang bagian bawahnya menggelembung berisi rongga-rongga sebagai sarang semut jenis tertentu.

Rongga itulah yang menarik semut untuk datang dan berlindung di sana. Karena aktifitas semut sehari-hari di dalam sarang tersebut, maka dengan sendirinya zat-zat buangan dari semut akan tersimpan di tempat tsb.

Zat-zat inilah yang dapat membantu pengobatan penyakit secara alami sehingga ada juga yang menyebut Sarang Semut ini sebagai ”Obat 1000 Penyakit”.

Menurut sejarahnya Sarang Semut pertama kali ditemukan di pedalaman Papua sebagai salah satu kekayaan alam yang ada di tanah tersebut.

Mengenai khasiatnya silahkan lihat di sini.

Disamping Sarang Semut ada lagi yang juga terkenal dari Papua, yaitu ”Buah Merah”, yang ini saya belum pernah dapat kiriman. Tapi terus terang,  saya siap menerima dengan senang hati kalau ada yang bersedia ngirim…..

 
1 Comment

Posted by on September 21, 2010 in Uncategorized

 

Tags:

One response to “SARANG SEMUT

  1. Zippy

    September 21, 2010 at 2:06 pm

    Dulunya saya juga pikir seperti itu, kirain sarang semut beneran.
    Ternyata bukan😀
    Ngomong2, Papuanya dimana nih?
    Saya juga tinggal di Papua, tepatnya di Jayapura.

     

Leave a Reply

 
