RSS

RI & MALAYSIA

31 Aug

Papuaku , 31 Agustus 2010 – (Hari ini bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia).

Dulu sekitar tahun 80-an, hubungan kita dengan Malaysia begitu mesranya. Bahkan ketika itu ada suatu acara atau siaran bersama di TVRI (Televisi Republik Indonesia) dengan TVM (Televisi Malaysia) yang namanya “Titian Muhibah”. Acara dilaksanakan bergantian di masing-masing negara, di isi oleh artis-artis kedua negara.

Begitu juga dengan penggunaan Bahasa,  waktu itu ada suatu Lembaga yang namanya Lembaga Bahasa Indonesia dan Melayu dan mereka belajar banyak kepada kita tentang bahasa…..

Banyak Mahasiswa Malaysia yang menuntut ilmu di Universitas-Universitas terkenal maupun di Institut Ilmu Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP) di Indonesia, untuk meningkatkan sumberdaya manusianya. Kalaupun mereka mampu sekarang, tidak terlepas dari andil guru-guru dan dosen-dosen kita (Indonesia).

Bahkan ketika saya berkunjung ke suatu daerah di Sukabumi, sekitar awal 2006 yang lalu, saya mampir di suatu Wisma milik Departemen Pertanian (sekarang namanya Kementrian Pertanian), dan dari informasi yang saya dapatkan bahwa Wisma ini dahulu digunakan untuk mendidik petani-petani Malaysia, dan mengajarkan cara bercocok tanam atau cara bertani yang baik.

Satu lagi adalah Mahatir Muhammad, mantan Perdana Mentri dan Mentri Senior Malaysia, jika ke Indonesia selalu menyempatkan diri mampir ke Restoran Padang Natrabu, untuk menikmati masakan Padang yang begitu mereka gemari.

Bahkan sepertinya keluarga Bapak Rahimi Sutan (pemilik Restoran Padang Natrabu tsb) punya kedekatan emosional dengan keluarga Sang mantan PM, karena selera………….

Kedekatan suku Minangkabau dengan Malaysiapun tidak bisa dikesampingkan, karena  sebagian besar penduduk Malaysia yang berada di Negeri Sembilan berasal dari Minangkabau, salah saeorang Sultannya juga berasal dari keturunan Minangkabau……(benarkah, mungkin ada yang tau?)

Tapi……….

Sayangnya kemesraan hubungan selama ini seperti tidak ada gunanya bagi mereka…….hanya sekedar kenangan belaka……..atau bahkan mereka sudah melupakannya….?????

Apa yang dapat kita saksikan sekarang ternyata mereka lebih maju dari kita dalam segala hal……

Saya tidak berani menyatakan bahwa bangsa kita yang mundur…………

Bagi generasi muda, jadikanlah hal ini sebagai cambuk untuk mencapai keberhasilan, tunjukkan bahwa anak bangsa ini berasal dari Bangsa yang besar……Bangsa yang patut dihormati oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Buktikan generasi mudaku dengan aksi nyata…..S.E.K.A.R.A.N.G.

 
Leave a comment

Posted by on August 31, 2010 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: